all new R15 vs Ktm Rc200

hallo sobat SMblog….banyak yang bilang kalau brand eropa itu bermain di liga sendiri,  sehingga sulit untuk membandingkan dengan brand jepang. tapi di sini SMblog tetap akan “melanggar”  pedoman itu dengan mengkomparasi brand eropa dan brand jepang yaitu new R15 dan ktmrc200. kenapa harus newr15 dan rc200?         begini sob walau keduanya memiliki kapasitas mesin yang berbeda. tapi secara keseluruhan  atau bisa di bilang satu paket lah.  kedua motor ini yang paling mendekati.  setuju ya….kalau tidak setuju boleh di skip aja artikel ini.   oke mari kita mulai… 

kapasitas mesin. 

 
yang paling membedakan dari kedua motor ini adalah jelas kapasitas mesin. yamaha new R15 di bekali mesin sohc 155cc dengan vva  tenaga puncak yang dikeluarkan mencapai 14.3 KW atau setara 19.3 Hp pada 10.000 rpm. Sedangkan torsi maksimumnya menembus 14.7 Nm pada 8.500 rpm.   . sedangkan ktm Rc200 lebih besar lagi yaitu 200cc yang terkenal akan powernya yang dahsyat.  mampu menghasilakn power maksimum sebesar 19 Kw atau setara dengan 25 hp. Untuk torsinya pun terbilang cukup besar yakni 19 Nm/8.000 rpm.     jelas banget kan ktm unggul mutlak dalam hal ini. 

fitur.kedua motor ini di bekali fitur jempolan dan sama2 punya keunggulan sob. d antaranya sama2 menggunakan shock upside down dengan stang model clip on underyoke dan speedometer full digital arm yang besar.tapi r15 sedikit lebih unggul karena ada fitur tambahan yaitu vva, Assist & Slipper Clutch.  sedangkan ktm rc200 absen.  

design/body

 
ini adalah tentang selera,  ktm rc200 di design dengan ramping dan se aerodinamis mungkin dengan menggunakan sasis tralis yang kokoh dengan garis besar motor ktm banget, khas eropa. sedangkan new R15 di design ala moge yamaha banget,  body terlihat gambot, dengan sasis andalan deltabox yang terlihat kokoh dengan design yang menyiratkan gen R series. 

harga

ini juga menjadi faktor krusial mengingat di kelas ini selisih harga juga menjadi hal yang lumayan di pikirkan oleh konsumen. harga R15 adalah 34,5juta otr jakarta sedangkan ktm rc200 di hargai rp. 37juta otr jkt. selisih 2,5 juta saja. 

aftersales/3s

saat ini ktm sedang getol getolnya mengembangkan 3s dengan membuka beberapa delaer di indonesia dan akan terus di perbanyak,  seiring keseriusuan ktm dalam membangun jaringan delaer mereka sehingga di harapkan para konsumen tidak perlu kuatir dalam hal aftersales. karena akan percuma juga produk ok tapi after sales no way. yaga sob…   sedangkan yamaha r15 gak usah di omongin lagi.  dengan jaringan 3s yang sekarang sudah ada pasti lebih siap. 

pride

 
ini memang bukan kelas moge,  tapi untuk jenis motor sport sperti ini faktor pride juga berpengaruh. dan ktm rc200 dengan embel2 brand eropa dan anti mainstream koq terasa lebih dapet ya pride nya. 

so kesimpulanya adalah kalau sobat cari motor yang berdesign moge look dan berfitur melimpah dengan jaringan after sales mumpuni dengan harga lebih terjangkau,  yamaha r15 jelas pilihan yang pas sob.  tapi kalau sobat punya duit lebih dan ingin mendapatkan motor yang lebih powerfull juga berfitur jempolan dengan pride brand eropa yang anti aminsstream, KTM RC200 is good choice….  ntar ada yang komen,  “halah kalau punya duit beli yang d suka gitu aja koe repott”  hehe… yaiyalah sob… sah sah aja kalo itu mah 😀

nah itu tdi komparasi “gila”  yang SMblog bisa berikan. jujur saja kalau suruh milih kedua motor ini gampang buat SMblog.  yang sulit itu kalau suruh beli 🙂 .  setuju gak setuju tetap tengkiyu 😀

6 comments

  1. ga heran kalau di komparasi, mengingat rentang harganya mefet2

    cuman di rc 200 itu compress. ratio nya yg nganu, semoga yg dijual ke custoer di RI udah di sesuaikan dan dgn disesuaikannya spek /variable teknis jadi lebih bersahabat, tapi harapannya power dan torsi ga signinfikan banget turunnya
    wkwkwk

    Suka

Tinggalkan komentar