edyann…. gebrakan KTM bikin mesin 2 tak lolos uero 4

hallo sobat SMblog….. sejatinya pengembangan mesin dua tak menjadi ramaha lingkungan sudah banyak di coba dan di lakukan oleh beberapa pabrikan baik jepang maupun eropa. tapi usaha itu sejauh ini selalu gagal,  banyak faktor yang mempengaruhi kegagalan tersebut, seperti salah satunya adalah biaya yang tidak masuk akal.  yes untuk membuat mesin dua tak yang lolos euro 4 itu sangat sulit dan di butuhkan biaya yang sangat banyak sob,  tidak heran kawsaki akhirnya menyerah dan memilih mempensiunkan sang legend ninja 2 tak, walau sebenarnya mereka belum sepeneuh hati melepasnya,  lha wong itu tulang punggung penjualan bro, koq malah tiba tiba hilang gitu aja, galau pasti dong.  tapi langkah itu terpaksa di ambil karena memang tidak ada pilihan sama sekali.  iya sob sama sekali gak ada pilihan.  mereka sudah mencoba membuat inovasi agar ninja 2 tak lolos emisi gas buang, tapi setelah di kalkulasi ternyata biayanya membengkah tidak masuk akal kalau di jual,  so discontinue adalah jalan terakhir. tapi di saat pabrikan jepang sudah nyerah dan memilih menyuntik mati produknya.   ternyata tidak di eropa sana sob  salah satunya adalah pabrikan KTM  yang ternyata sangat konsen sekali dengan mesin dua tak.  maklum seperti kawasaki,  ktm juga masih mengandalkan mesin dua tak di beberapa motornya,  khusunya untuk type trail bahkan sampai saat ini. untuk itu mereka tak kenal lelah dan menyarah terus mengembangkan mesin yang punya ciri khas suara nyaring tersebut.   dan beberapa waktu lalu dengan bangga memperkenalkan mesin terbaru mereka yaitu mesin dua tak yang modern dan ramah lingkungan. 

mesin ini di klaim mesin dengan cita rasa dua tak karbu tapi di kombinasikan dengan kelebihan mesin injeksi.  nah bingungkan….. rencanaya mesin ini akan di aplikasikan di beberapa motor trail ktm untuk tahun depan dan konon katanya akan di lengkapai stater tangan layaknya mesin mesin empat tak. seperti yang SMblog baca di blognya mas iwb. 

Adalah merupakan kebanggaan dan momen penting bagi kami sukses membuka selubung mesin terbaru……seri pertama mesin 2 tak fuel injection untuk motor off road kami. Kita KTM komit untuk mengembangkan teknologi revolusioner. Dan dengan KTM 250 EXC TPI serta 300 EXC TPI kita merasa permainan sekali lagi telah berubah secara mesin ini adalah yang pertama didunia…

lha ini yang namanya inovasi tiada henti, menggali potensi sampai batas maximal, harus di akui ktm ini adalah satu di antara beberapa pabrikan yang masih tetap eksis dengan mesin 2 tak,  selain aprilia kalau tidak salah

Goal kami adalah menciptakan mesin 2 tak enduro yang jelas tidak gampang melakukannya sebab kami harus mempertahankan rasa mesin karburator dikombinasikan kelebihan dari mesin injeksi. Ini termasuk segala keunggulan mesin 2 tak yang sangat menyenangkan dikendarai. Selain itu kami memberikan teknologi EXC TPI yang akan meningkatkan kenyamanan namun tetap mempertahankan konsistensi dari penyaluran tenaga serta komsumsi BBM…”seru Joachim Sauer, Product Marketing Offroad….

terkahir langkah yang di ambil ktm ini benar benar brilian dan patut di apresiasi di saat yang pabrikan lain sudah angkat tangan tapi KTM masih gigih dan meyakini tidak ada yang tidak mungkin dan seperti kata pepatah “hasil tidak pernah menghianati usaha” 

speedmotoblog-

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s