beli motor seken atas nama orang bule… pusing bayar pajaknya. 

hallo sobat SMblog…. ini adalah pengalaman yang SMblog sendiri. ceritanya dulu sekitar tahun 2014 SMblog membeli sebuah sepeda motor seken honda vario 125 di daerah jimbaran. SMblog di tawari oleh temen motor bekas orang bule,  bule ini dulu adalah chef di sebuah hotel di bali,  cukup lama bekerja di bali jadi dia membeli sepeda motor dan atas nama dia sendiri.   nah karena dia sudah tidak bekerja di indonesia lagi, motor pun di titipin temennya untuk di jualin ke orang. singkat cerita setelah di cek barangnya dan kelengkapan surat suratnya,  di bayarlah motor itu.  

walau SMblog tau pada saat itu motor atas nama orang bule tapi SMblog tidak begitu peduli dan mempermasalahkan nya pertimbanganya waktu itu adalah dapat harga murah untuk motor vario 125  pada waktu itu. dan untuk memperpanjang stnk atau pajak lainya biasanya SMblog serahkan ke biro jasa. pokoknya terima bereslah dan harganya juga tidak terlalu mahal. maklum dulu peraturanya gak se ketat sekarang yang harus bawa dokumen dan identitas asli hanya untuk “nyetor duit”  ke negara aja. nah kegelisahan dan kegalauan baru muncul setahun belakangan ini.  di karenakana motor harus bayar pajak dan bulan sembilan ini juga harus ganti plat nomor lima tahunan. sedangkan identitas asli yang atas nama orang bule itu satupun gak ada yang punya. nah loh gimana tuh???   padahal orangnya dah gak tau kemana, soalnya dulu dia cuma kerja di sebuah hotel di bali dan sekarang sudah enggak. alhasil galau bin pusing pun melanda karena bulan september ini gak tau gimana nanti ganti plat nomornya.  amsyong dah….  😀 

sebenarnya SMblog bukan gak mau bayar pajak ya.  tapi aturanlah yang tidak “mengizinkan” SMblog  berkontribusi untuk negara. so kalau SMblog  sering baca berita ada razia motor di tilang karena stnk mati bisa jadi itu bukan semata mata kesalahan dan kemauan yang punya motor.  bisa jadi orang itu mau bayar pajak tapi tidak bisa karena beli motor seken. bisa jadi kan??             dan untuk sobat SMblog semua agar lebih teliti lagi kalau mau beli motor seken,  selain cek mesin,  mengecek surat surat harus lebih teliti. kalau bisa yang bisa di pinjem id nya kalau mau bayar pajak. kalau sobat semua ada yang pernah ngalami bayar pajak sulit gak? atau punya solusi bisa share ke SMblog  ya….  😀

​​Terimkasih sudah mau mampir bro sis, semoga infonya berguna. Mohon saran dan kritik yang membangun….caooo

Gmail:hendriantoro57@gmail.com.            IG:hendri rezer                                     WA:081999300575

Advertisements

7 thoughts on “beli motor seken atas nama orang bule… pusing bayar pajaknya. 

  1. coba pake balik nama dgn alasan orangnya dah g ada… ap pke srt kterangan dr hotel tempat bule tsb bkerja

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s