yamaha scorpio.  si kalajengking yang tak berbisa

konon yamaha scorpio ini di lahirkan untuk menggantikan sang legend yamaha rx king yang memang akan segera purna tugas,  karena alasan emisi gas buang,  selain itu si scorpio ini juga punya tugas yang tak kalah berat yaitu untuk menandingi atau setidaknya merecokin sang kompetitor yaitu sang legend dari honda yaitu tiger. dengan mesin yang di atas tiger yaitu 225cc (tiger 200cc) di harapkan mampu memberikan perlawanan yang sengit di era motor batangan 4 tak.  yang saat itu nama tiger emang sudah berkibar. dengan design awal yang menurut opini saya sangat proposional perpaduan antara rx king tapi dengan banyak sentuhan modern,  seperti mono shock.  membuat tampilan yamaha scorpio ini benar2 gagah.  yamaha scorpio ini punya spesifikasi                         
 Tipe Mesin : 4 Langkah, 2 Valve SOHC, Berpendingin Udara.  Jumlah / Posisi Silinder : Cylinder Tunggal / Tegak.  Volume Silinder : 223 cc.  Diameter x Langkah : 70,0 x 58,0 mm.  Perbandingan Kompresi : 9,5 : 1. Daya Maksimum : 13,4 kW / 8000 rpm.  Torsi Maksimum : 17,5 Nm / 6500 rpm.  Sistem Starter  : Electric Starter dan Kick Starter.  spek yang lumayan gahar pada masa itu. secara spek sudah cukup untuk melawan sang macan. tapi itu secara spek,  kalau secara penjualan?? 

lha ini yang jadi soal. karena pada prakteknya di lapangan,  ternyata untuk menjugkalkan sang juara bertahan memang tidak semudah memutar kunci kontak. soalnya nama honda tiger sendiri sudah kadung harum di mata pecintanya. apalagi yang doyan touring.  dan sudah di anggap legend oleh pecinta motor indonesia.  apalagi komunitasnya,  wuihhh buuaanyak bingittt. walau sudah melakukan perombakan sebanyak tiga kali dengan menambah huruf Z tapi ternyata memang sang macan masih terlalu tangguh.

sebenarnya ada beberapa faktor yang di keluhkan oleh para owner scorpio ini dan di nilai menjadi kelemahan. seperti rem belakang masih tromol masih karburator. mono shock yang “ambles”. ber pendingin udara.  tapi yang tak kalah penting design si scorpio ini makin kesini malah makin “gak banget”. satu lagi faktor harga yang lumayan tinggi. harga yamaha scorpio ini sekitar Rp. 25jutaan. masih di atas new vixion pada masa itu. jadi sepertinya biker lebih cenderung pilih vixion yang terlihat lebih advance. 

malahaan sekarang yamaha scorpio ini banyak di cari untuk jadi bahan modif motor jap style. caferecer dll. karena di nilai secara mesin dan rangka adalah yang paling ideal kalau di bikin seperti jap style. kini sang kalajengking sudah di pensiunkan oleh yamaha. seperti halnya sang kompetitornya honda tiger. dan sampai masa purnabaktinya racun sang kalajengking belum bisa mematikan sang macan. lalu apakah nanti yamaha akan membangkitkan lagi sang scorpio, seperti spekulasi yang berkembang?? 

 

Terimkasih sudah mau mampir bro sis, semoga infonya berguna. Mohon saran dan kritik yang membangun….caooo
Gmail:hendriantoro57@gmail.com.            Twitter:hendrirezer.                                        WA:081999300575

Advertisements

7 thoughts on “yamaha scorpio.  si kalajengking yang tak berbisa

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s