Yamaha byson si KEBO yang hampir punah

Ini adalah blunder yamaha yang benar benar “superrr”. Dulu Sebelum yamaha byson ini di luncurkan di indonesia, produk ini sudah duluan di luncurkan india dengan nama FZ-S. Dan berita itu pun dengan cepat sampai di indonesia. Dari sekian banyak berita  yang ada di dunia otomotif. hampir kebanyakan memberi “warning” input dan kritik terhadap produk ini. Saya baca dari artikel dan komen2 di blog ternama di indonesia Tidak sedikit yang berharap bahwa next byson jangan sampai seperti yang ada di india. Model dan design ini di rasa tidak cocok dengan selera pasar indonesia. Design nya terlalu “india” banget.

Malah bagusan design old byson yang masih karbu. Memang kalau boleh di bilang byson ini kan hanya menjual “tampang” yang sangar nan kekar. Artinya kalau dari segi teknologi dan mesin tidak ada yang “WAH” ya bisa di bilang biasa saja. Dengan mesin sohc yang masih berkisi2 khas berpendingin udara, apalagi rem belakang masih tromol. 

Sepertinya motor ini memang di peruntukan untuk orang yang tidak terlalu peduli tentang speed dan fitur. Yang penting moge look, body bongsor, suspensi depan guede. Bener2 moge look lah ini motor. makanya waktu generasi byson awal motor ini masih bisa di terima oleh konsumen indonesia. Bahkan ada komunitas yang besar, salah satu nya byonic dan beberepa komunitas lainya. Tapi semua berubah setelah yimm melaukan mayor change, yang hampir merombak total body si kebo. Bukan hanya pengabutan bahan bakar dari karburator menjadi injeksi, tapi juga body berubah total. Dan di sinilah blunder itu di mulai. Saya tidak tau apakah yimm tidak melakukan survey terlebih dahulu, atau mencari input atau masukan dari owner byson gen pertama.atau yamaha sudah kadung pede dengan facelife/perubahan yang di lakukan. Tapi yang pasti pasar motor di indonesia ternyata berkata lain, byson fi ternyata tidak sesuai target yamaha. Dan bagi konsumen design dan fitur tidak sesuai ekspetasi. Alhasil byson mati segan hidup pun tak mau. Karna jarang sekali saya melihat  byson ini berkeliaran di jalan. Populasinya sangat menurun di banding byson karbu. Apakah sang kebo memang akan punah?

Sebenarnya masih ada harapan buat sang kebo untuk bangkit, kuncinya adalah yimm sudi mendengarkan input, masukan dari berbagai konsumen, misal upgrade fitur, cakram belakang, atau yang lebih extrem mayor change v3 mungkin? Atau faktor harga juga?  Kalau menurut pemirsa kira2 apa yang membuat sang byson seperti hampir mau punah?                                         Silahkan kalau berkenan tuliskan opini anda di kolom koment.

Terimakasih sudah mau membaca blog saya..bye…

Advertisements

3 thoughts on “Yamaha byson si KEBO yang hampir punah

  1. salam seruduk…byonic seruduk (salam khas byonic)..saya masih pelihara yg gen 1 n termasuk member byonic….menurut saya yg gen 1 model nya everlasting mas…coba deh jejerin dgn motor2 yg keluaran terbaru skarang gak kalah gantengnya. maintenance nya jga gak ribet n irit, part-partnya awet mas..kecuali ban…udah ada yg nawar mau beli 15jt..tp gak saya lepas…soal nya motornya nggak rewel/easy maintenance….

  2. Bagusan yg pertama body simple yg gen 2 kelihatan bodynya ribet jdi ga enak di lihat susah di modif. saya punya byson thn 2014 sudah di modif bagian stang pake stang jepit dan undertailnya juga kenapot dan aksesoris lainnya di ajak nongkrong sama kelas yamaha xabre ga kalah mantavnya broo.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s